Tujuan
dari penelitian untuk mengetahui kesulitan mahasiswa dalam menyusun perencanaan
pembelajaran Kurikulum 2013 pada matakuliah Micro
Teaching. Penelitian ini termasuk dalam jenis penelitian deskriptif
kualitatif. Informan penelitian ini yaitu mahasiswa angkatan 2015 sebanyak 18
mahasiswa pada matakuliah Micro Teaching Program Studi Pendidikan Ekonomi STKIP
PGRI Lumajang. Teknik pengumpulan data
dilakukan dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis
data menggunakan analisis pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan
pengambilan kesimpulan. Hasil
penelitian ini menunjukkan: 1) Pada pembuatan rencana pelaksanaan pembelajaran,
mahasiswa cukup mengerti dalam penyusunan perangkat pembelajaran yang sesuai
dengan Kurikulum 2013, namun menurut mahasiswa ada bagian yang sulit untuk
dibuat yaitu pendekatan
/ metode / strategi pembelajaran; dan 2) Dalam pelaksanaan evaluasi
pembelajaran, mahasiswa harus menggunakan pendekatan autentik yang dianggap
terlalu rumit dan menyusahkan karena banyaknya tuntutan penilaian yang harus
dikerjakan, ditambah banyaknya siswa dalam satu kelas. Upaya mengatasi
kesulitan dalam
menyusun perencanaan pembelajaran kurikulum 2013 pada matakuliah micro teachingadalah dosen harus
menyiapkan buku panduan atau modul terkait perkuliahan micro teaching. Sehingga
mahasiswa mudah dalam membuat perencanaan pembelajaran yang sesuai dengan
kurikulum 2013.